Solo International Etnic Music 2008






Hakikat seni yaitu bermain acap kali dilupakan orang. Para seniman cenderung berprestasi saat membuat kreasi seni daripada hendak bermain. Bermain sering diartikan sebagai berkreasi sekaligus bereksperimen.
Solo International Etnik Musik (SIEM) yang diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2008 sampai dengan 1 November 2008, mengambil tempat yaitu di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo. Acara tersebut dapat menjadi magnet bagi warga solo khususnya untuk menyaksikan live performance puluhan seniman musik etnik dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa artis ibu kota seperti Reza Artamevia dan Syaharani yang membawakan lagu dengan balutan musik etnik.
SIEM 2008 juga dimeriahkan oleh beberapa seniman musik dari mancanegara seperti Glen Doyle yang memainkan alat musik khas suku Aborigin. Selain Glen Doyle, SIEM 2008 ini juga dimeriahkan oleh wanita muda berbakat dari Taiwan, yaitu Yi Chen Chang yang piawai memainkan biola, kecapi serta alat musik petik khas Taiwan.
Selain dapat menampilkan kreasi musik etnik dari berbagai daerah, acara SIEM ini juga sebagai sarana untuk melestarikan budaya musik etnik yang sedikit demi sedikit mulai terkikis oleh musik modern yang kebanyakan berasal dari negara-negara barat. SIEM juga menjadi salah satu ajang pelestarian budaya nusantara (Indonesia) serta beberapa budaya mancanegara yang memiliki musik khas. Maka berkreasi dan bereksperimen dengan musik etnik tidaklah menjadi hal yang ketinggalan jaman, tetapi justru malah menjadi kebanggaan tersendiri dalam berperan serta pada upaya pelestarian musik etnik daerah di Nusantara.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About