International Keroncong Festival

Kupejamkan mata ini,
Mencoba tuk melupakan,
Segala kenangan indah , tentang dirimu…
Tentang mimpiku,
Semakin aku mencoba,
Bayangmu semakin nyata,
Merasuk hingga kejiwa, Tuhan tolonglah diriku…

Itulah sebait lagu yang dinyanyikan pada suatu malam dalam acara International Keroncong Festival (IKF) 2008, yang diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut (4-6 Desember 2008), di Sitihinggil Keraton Kasunanan, Surakarta.
Walau hanya diramaikan satu peserta dari luar negeri, yakni dari Malaysia, festival yang berlangsung dari hari kamis sampai dengan sabtu tersebut juga diramaikan oleh 11 grup music dan keroncong dari luar Solo dan lima grup dari Solo, yang antara lain Harmony Chinese Music Group (Bandung), Canina (Surabaya), Congrock (Semarang), Irama Bama (Surabaya), Rinonce (Yogyakarta), Bintang Remaja (Pati), Irama Pakuan (Bogor), Cyber (Bandung), Orkes Tirta Lawu, Orkes Damai, Orkes Minimalis, dan Orkes Solo Senior. Festival ini juga dimeriahkan oleh beberapa penyanyi papan atas yaitu Melly Goeslaw, Ikhsan IDOL, serta Tia dan Haikal AFI.
Sayangnya, festival ini tidak dimeriahkan oleh dua maestro keroncong asal Solo, Gesang Martohartono (pencipta lagu “Bengawan Solo”) dan Waljinah, yang dikenal sebagai pelantun tembang keroncong “Walang Kekek”. Maka, dengan adanya Festival ini, kita berharap music keroncong tidak akan punah dan tetap dilestarikan.




1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About